Kenapa saya membuat tulisan ini?

Saking banyaknya teman-teman di FB dan Lingkungan musik yang bertanya sama saya, saya terpikir membuat catatan pengetahuan saya tentang alat musik kontrabas.

Doublebass?

Oke, mungkin masih banyak yang nggak ngerti istilah doublebass, mungkin lebih familiar dengan sebutan Upright Bass, Contrabass, Kontrabas, Acoustic Bass, Bass Betot, sebenarnya semua sebutan  itu mengacu pada benda yang sama.

wp-1486212654935.jpg

Ukurannya?

Ada 3 Ukuran yang paling umum digunakan oleh para musisi baik yang semi-pro maupun profesional, diantaranya adalah:

  • 4/4 (Full Size)
  • 3/4
  • 1/2

beberapa ukuran lain ada yang pernah saya pakai yakni 7/8 dan juga 5/4 (saya juga ngga ngerti asalnya ukuran ini darimana nanti saya cari tahu lagi) tapi yang jelas waktu itu saya ukur dan bandingkan dengan bass-bass yang umum tadi memang ada beberapa perbedaan dari skala sampai tinggi body.

Fungsi

Dalam Ensemble musik, kita bisa jumpai alat musik ini mengisi pada rhythm section band maupun strings section pada orchestra. karena suaranya bernada satu oktaf lebih rendah dari not yang tertulis maka alat ini termasuk kedalam transposed instrument.

 

 

 

 

Leave a Reply

